8 Tips Menata Kamar Tidur Kecil Minimalis Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Pada beberapa artikel yang lalu telah kita singgung bahwa ruang tidur atau kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang membutuhkan penanganan khusus. Karena dalam ruang tidur inilah pemilik rumah beristirahat dan menghabiskan waktu pribadi mereka. Oleh karena itu banyak faktor yang perlu menjadi pertimbangkan dalam proses dekorasi interior kamar tidur ini. Mulai dari faktor kenyamanan, keindahan, serta banyak faktor lainnya. Pada artikel kali ini kita masih akan membahas topik seputar kamar tidur ini.

cara menghias kamar tidur dengan kertas kado
cara menghias kamar tidur dengan kertas kado

dekorasi dinding kamar
dekorasi dinding kamar
Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi tips terkait Menata Kamar Tidur Kecil Agar Terlihat Luas. Kamar tidur yang luas mungkin dapat memberikan faktor kenyamanan yang cukup bagi Anda. Karena akan lebih mudah menempatkan banyak benda pada kamar tidur Anda. Namun jika kamar tidur Anda berukuran tidak terlalu besar maka Anda tidak boleh sembarangan menempatkan perabot ke dalam kamar tidur Anda. Salah-salah malah kamar tidur Anda akan terasa semakin sempit. Selain pemilihan furniture yang tepat, dekorasi interior ruang tidur juga menjadi salah satu faktor kunci untuk membuat kamar tidur Anda tetap terlihat luas.

desain kamar tidur romantis
desain kamar tidur romantis

Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk menata kamar tidur kecil Anda agar terkesan lebih luas, kami sarankan untuk membaca artikel Menata Kamar Tidur Kecil Agar Terlihat Luas ini hingga selesai. Karena kami akan mencoba untuk memberikan tips-tips menarik untuk Anda dan dapat Anda terapkan di rumah masing-masing. Tak perlu berlama-lama, berikut beberapa Tips Menata Kamar Tidur Kecil Minimalis  Agar Terlihat Luas dan Nyaman  :

1.    Pemilihan warna

Tips yang pertama berkaitan dengan pemilihan warna ruangan. Ruangan yang kecil kemungkinan tidak akan cocok jika menggunakan terlalu banyak warna. Namun bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan banyak warna dalam interior kamar tidur Anda. Jika menginginkan konsep interior yang lebih berwarna, usahakanlah untuk dapat memilih paduan warna yang tepat agar ruangan tidak terkesan sempit. Akan tetapi lebih aman jika Anda hanya menggunakan satu jenis warna saja. Warna-warna netral dan kalem seperti putih akan lebih cocok dan memberikan kesan luas pada kamar tidur kecil Anda.

desain kamar tidur ukuran 2x3
desain kamar tidur ukuran 2x3

2.    Pemilihan furniture
Tips yang kedua mengenai pemilihan furniture. Usahakan agar hanya memasukkan furniture atau perabot yang memang diperlukan dan harus ada dalam kamar tidur Anda. Hindari untuk menempatkan furniture yang tidak begitu dibutuhkan di kamar tidur Anda. Semakin sedikit benda yang ada dalam kamar tidur Anda akan semakin baik karena tidak memakan banyak tempat. Kemudian Anda juga dapat menggunakan trik untuk memilih furniture bergaya minimalis. Furniture jenis ini akan lebih cocok untuk ditempatkan dalam ruangan yang bergaya minimalis juga. Karena mampu memberikan kesan ruangan menjadi lebih besar.

3.    Minimalisir motif dan detail

Tips yang ketiga adalah meminimalisir penggunaan motif dan detail. Berkaitan dengan poin kedua di atas, sebaiknya hindari menggunakan motif tertentu pada dinding dan perabot yang ada di ruang tidur Anda. Terlalu banyak detail seperti hiasan-hiasan dinding juga akan memberi kesan ruangan terlalu penuh. Pilihlah aksesori ruangan yang berdesain simpel namun elegan. Konsep polos dan desain simpel akan mampu menghadirkan kesan lega dan rapi pada ruang tidur Anda.

4.    Manfaatkan jendela dan cermin

Tips keempat yang dapat Anda terapkan dalam menata kamar tidur kecil Anda adalah dengan memanfaatkan jendela kaca dan cermin. Buatlah jendela kaca besar yang langsung mengarah ke luar ruangan sehingga akan memberikan kesan luas karena langsung terhubung ke luar ruangan. Jika trik tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka Anda dapat sedikit mengakalinya dengan menempatkan sebuah cermin berukuran cukup besar dalam kamar tidur Anda. Ilusi optik yang dihasilkan oleh cermin akan memberikan kesan luas pada kamar tidur Anda.

desain kamar tidur sederhana dan murah
desain kamar tidur sederhana dan murah

5.    Perhatikan pencahayaan

Tips selanjutnya adalah mengenai faktor pencahayaan. Penerangan ruangan yang cukup juga lumayan mempengaruhi kesan luas pada ruangan. Anda juga dapat menggunakan lampu gantung agar tidak terlalu memakan tempat. Kemudian hindari penggunaan lampu penerangan yang dapat menimbulkan sudut gelap pada ruang tidur Anda. Hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

6.    Penempatan furniture dan hiasan

Tips selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah mengenai konsep penataan furniture dan hiasan. Usahakan untuk menggunakan konsep vertikal dalam penataan interior kamar tidur Anda. Gaya vertikal akan memberikan kesan ruangan lebih tinggi. Dan hindari untuk terlalu banyak menumpuk furniture serta hiasan.

dekorasi kamar tidur kost
dekorasi kamar tidur kost


7.    Furniture multifungsi

Anda juga dapat menggunakan furniture-furniture multifungsi pada ruang tidur Anda. Sebuah furniture yang memiliki lebih dari satu fungsi akan mengurangi penggunaan terlalu banyak perabot dalam kamar tidur Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semakin sedikit benda yang ada dalam kamar tidur kecil Anda akan semakin baik.

desain kamar tidur sempit tanpa jendela
desain kamar tidur sempit tanpa jendela

8.    Manfaatkan sudut ruangan

Tips yang terakhir adalah untuk memanfaatkan sudut ruangan yang ada. Anda dapat memanfaatkan sudut-sudut ini dengan menempatkan furniture-furniture Anda di sana. Hindari menempatkan furniture di tengah ruangan. Usahakan mepet pada dinding dan sudut-sudut yang ada.

desain kamar tidur ukuran 3x3
desain kamar tidur ukuran 3x3

Demikian beberapa 8 Tips Menata Kamar Tidur Kecil Minimalis  Agar Terlihat Luas dan Nyaman. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: