4 Tips Dekorasi Ruang Makan Minimalis untuk Rumah Minimalis

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai tips untuk menata ruang tamu ideal pada rumah kita. Kali ini kita akan sedikit bergeser pada ruang makan. Selain ruang keluarga, ruang makan adalah salah satu ruang di dalam rumah yang menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Maka tak jarang orang ingin mendesain ruang makan ini senyaman mungkin. Sehingga suasana hangat dapat tercipta ketika seluruh anggota keluarga saling berkumpul dan menyantap hidangan bersama.
ruang makan mewah
ruang makan mewah



ruang makan sekaligus ruang keluarga
ruang makan sekaligus ruang keluarga
Bagi Anda yang memiliki ruang makan yang tidak terlalu luas, ada baiknya untuk terus menyimak artikel ini hingga akhir. Pada artikel Tips Tata Ruang Makan Minimalis ini kami akan mengulas beberapa tips terkait bagaimana cara menciptakan ruang makan minimalis namun tetap terasa nyaman dan tidak terkesan sempit. Karena ruangan yang tersedia tidak terlalu luas maka kita harus benar-benar memperhatikan teknik tata ruang yang tepat. Salah-salah bukan suasana akrab yang kita dapatkan tetapi justru ketidaknyamanan dan gangguan pada selera makan. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita simak beberapa Tips ini.


ruang makan minimalis mungil
ruang makan minimalis mungil

4 Tips Dekorasi Ruang Makan Minimalis untuk Rumah Minimalis

 

1.    Pemilihan furniture
Tips pertama adalah mengenai pemilihan perabot atau furniture yang tepat. Karena ruang makan ini konsepnya minimalis maka kita harus mampu memilih furniture yang sesuai. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah ukuran furniture. Sesuaikan ukuran meja dan kursi dengan ruangan. Pilihlah furniture yang berdesain simpel, berbahan ringan namun tetap kuat. Hal ini dimaksudkan agar tempat duduk mudah digeser dan tidak terlalu memakan tempat.


Desain Dapur dan Ruang Makan Minimalis Sederhana
Desain Dapur dan Ruang Makan Minimalis Sederhana

Anda juga dapat menggunakan bangku panjang sebagai tempat duduk agar terkesan tidak terlalu banyak furniture. Perlu diingat kembali bahwa ruang makan kita tidak terlalu besar. Semakin sedikit furniture yang kita gunakan maka akan terkesan lebih simpel dan rapi. Jika Anda ingin suasana yang sedikit berbeda, Anda dapat mencoba menggunakan sofa pada ruang makan Anda. Tentu saja sofa ini juga tidak boleh terlalu besar. Lalu pastikan juga Anda memilih furniture dengan bahan yang mudah dibersihkan untuk mempermudah proses perawatannya.

Kemudian Anda juga harus menyesuaikan furniture dengan jumlah anggota keluarga Anda. Karena ruang makan yang tidak terlalu luas sebaiknya Anda cukupkan jumlah kursi dan ukuran meja makan sesuai jumlah anggota keluarga. Namun Anda juga dapat menempatkan satu atau dua kursi tambahan untuk mengakomodasi jika sewaktu-waktu ada tamu yang diundang untuk makan bersama.

2.    Pemilihan warna
Tips kedua terkait dengan pemilihan warna. Pemilihan warna ini tidak hanya pada warna interior ruangan saja akan tetapi juga warna furniture. Pilihlah warna-warna cerah atau kalem pada ruang makan Anda. Warna-warna tersebut akan lebih memunculkan suasana hangat, nyaman, dan ceria bersama keluarga Anda. Selain itu juga agar ruangan tidak terlihat terlalu sempit.


Desain Dapur dan Ruang Makan Minimalis tapi Mewah
Desain Dapur dan Ruang Makan Minimalis tapi Mewah
Hindari untuk menggunakan warna-warna gelap pada ruang makan minimalis Anda. Selain karena akan menjadikan ruang makan terkesan sempit, warna gelap juga dinilai dapat mengurangi selera makan. Tentu Anda tak ingin kehangatan Anda bersama keluarga terganggu hanya karena masalah warna bukan?


desain dapur dan ruang makan jadi satu
desain dapur dan ruang makan jadi satu

3.    Masalah pencahayaan
Berikutnya berkaitan dengan masalah pencahayaan. Masalah pencahayaan ini sebenarnya lebih tergantung pada selera Anda. Anda dapat menggunakan pencahayaan dengan intensitas terang untuk memberikan kesan suasana ceria pada sesi makan bersama keluarga. Atau jika ingin menciptakan suasana yang lebih hangat dan intim, Anda dapat menggunakan pencahayaan dengan intensitas sedang. Tergantung suasana seperti apa yang ingin Anda ciptakan bersama keluarga Anda. Namun ada satu tips yang dapat Anda terapkan dalam dekorasi ruang makan minimalis Anda yaitu dengan menggunakan lampu penerangan yang tergantung di atas meja. Lampu yang digantung tentu tidak akan memakan banyak tempat. Sehingga akan cocok dengan desain ruang makan Anda yang minimalis. Namun harus kembali diingat untuk memilih desain lampu yang tidak terlalu mewah. Pilihlah desain yang simpel namun tetap elegan.


desain dapur dan ruang makan sempit
desain dapur dan ruang makan sempit

4.    Satukan ruang makan dengan dapur
Tips terakhir adalah dengan menyatukan ruang makan dengan dapur Anda. Konsep ini sudah banyak diterapkan pada rumah-rumah dengan ruang makan bergaya minimalis. Karena dekat dengan dapur maka proses penyajian makanan dan pembersihan perabotan makan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga akan memberikan kesan ruang makan minimalis Anda terlihat lebih luas karena terhubung langsung dengan dapur.


desain dapur dan ruang makan sederhana
desain dapur dan ruang makan sederhana

Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam penyatuan ruang makan dan dapur ini. Yaitu Anda harus memastikan bahwa suasana yang tercipta di meja makan Anda tidak terasa seperti sedang makan di dapur. Hal itu akan sedikit mengganggu kenyamanan Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan konsep yang berbeda antara dapur dengan ruang makan Anda. Pemilihan warna yang berbeda juga dapat menjadi semacam penyekat agar ruang makan dan dapur tidak benar-benar menjadi satu ruangan.


desain dapur dan ruang makan terbuka
desain dapur dan ruang makan terbuka



ruang makan kecil
ruang makan kecil
 

Demikian beberapa Tips Tata Ruang Makan Minimalis yang dapat kami ulas pada artikel Tips Tata Ruang Makan Minimalis kali ini. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat Anda terapkan di rumah masing-masing. Dapatkan tips-tips menarik lainnya pada artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: