5 Tips memilih Furniture & Mebel yang Antik Untuk Rumah Minimalis

Pada beberapa kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai tips untuk memilih furniture kayu luar ruangan. Pada artikel kali ini kita masih akan membahas seputar furniture namun agak sedikit berbeda karena yang akan kita bahas adalah furniture yang mempunyai nilai antik di dalamnya. Seperti yang telah kita ketahui bersama, furniture bukan hanya sebuah benda fungsional yang ada di rumah kita. Furniture juga dapat diibaratkan sebagai perhiasan yang akan mempercantik dekorasi interior maupun eksterior ruangan. Oleh karena itu banyak orang yang mencari furniture bernilai seni tinggi untuk ditempatkan pada rumah mereka.


meja tamu ruang tamu antik
meja tamu ruang tamu antik

    Salah satu jenis furniture yang memiliki nilai estetika cukup tinggi adalah jenis furniture antik. Anda tentu sudah tidak heran karena benda-benda yang dikategorikan sebagai benda antik memang mempunyai nilai keindahan yang berbeda dengan benda-benda lainnya. Tak terkecuali dalam hal furniture ini. Furniture antik akan membuat ruangan yang ada menjadi lebih indah dan unik. Terlebih jika Anda memiliki rumah yang berkonsep klasik. Adanya furniture antik ini akan semakin memperkuat keklasikan rumah Anda. 

furniture kamar tidur antik bekas
furniture kamar tidur antik bekas

Bagi Anda yang telah lama mengoleksi furniture-furniture antik mungkin sudah banyak tau mengenai cara-cara yang tepat dalam memilihnya. Namun bagi para pembaca yang masih awam atau baru saja berencana membeli furniture antik untuk rumah Anda, tak ada salahnya jika membaca artikel Tips Memilih Furniture Antik ini hingga tuntas. Pada artikel kali ini akan kami berikan tips-tips terkait bagaimana memilih furniture antik yang baik dan benar sehingga Anda tidak merasa kecewa atau tertipu karena salah pilih. Langsung saja kita simak berikut beberapa 5 Tips memilih Furniture & Mebel yang Antik Untuk Rumah Minimalis :

1.    Bahan furniture
Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli furniture bernuansa antik adalah mengenai material atau bahan furniture itu sendiri. Pilihlah material furniture yang tak hanya bernilai antik tetapi juga kuat dan awet. Misal jika Anda memilih furniture antik berbahan kayu, kayu jati seharusnya jadi daftar teratas dari jenis furniture yang harus Anda pertimbangkan. Kayu jati dinilai sebagai salah satu jenis kayu yang paling kuat dan awet sehingga furniture antik berbahan kayu jati kemungkinan memiliki kualitas yang cukup baik. 20 tahun adalah usia minimal kayu jati yang cocok dijadikan bahan furniture antik. Tentu Anda juga harus dapat membedakan dan memilih kayu jati tua. Anda dapat membedakan usia kayu lewat beberapa ciri seperti serat kayu yang padat, bobotnya lebih berat, juga warna dasar yang coklat kemerah-merahan. Jika Anda menginginkan furniture antik berbahan besi atau logam, maka pilihlah furniture dengan rangka yang kuat dan masih dalam kondisi baik.

mebel antik van der pool
mebel antik van der pool

2.    Kondisi furniture
Masalah kedua yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai kondisi furniture antik itu sendiri. Pilihlah furniture yang meskipun sudah berumur panjang tetapi masih dalam keadaan baik, tidak rusak, dan tidak terlihat sudah rapuh. Bagaimanapun juga Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli furniture yang tidak berkualitas kan? Jika Anda menginginkan furniture kayu antik maka periksalah terlebih dahulu kondisinya, hindari furniture yang terdapat “cocoh” (lubang-lubang kecil pada kayu). Jika terdapat cocoh maka menandakan bahwa bahan kayu tersebut sudah mulai rapuh. Bisa jadi karena termakan usia, bisa juga karena bahan kayunya sendiri tidak cukup bagus. Kemudian jika ingin memilih furniture berbahan logam, pastikan kondisinya masih cukup bagus. Hindari membeli furniture antik yang terlah berkarat. Pilihlah rangka yang kuat dan tidak terdapat bekas bengkok atau patahan.

mebel antik eropa
mebel antik eropa


3.    Sesuaikan konsep
Selanjutnya adalah Anda harus menyesuaikan furniture antik yang ingin Anda beli dengan konsep ruangan di rumah Anda. Perlu diingat bahwa barang-barang antik sudah pasti memiliki harga yang cukup tinggi. Tentu Anda tidak ingin membuang-buang uang hanya untuk membeli furniture antik yang tidak cocok dengan konsep rumah Anda. Mulai dari desain, warna, ukuran, semuanya harus Anda ukur dan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

lemari antik kuno
lemari antik kuno

4.    Fungsi furniture
Aspek selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah mengenai fungsi dari furniture antik yang ingin Anda beli. Jika Anda ingin membeli furniture antik sebagai perabot utama di rumah Anda, artinya memang masih akan digunakan secara fungsional maka Anda harus memilih furniture yang benar-benar masih dalam kondisi bagus. Dapat digunakan sebagaimana fungsinya dan mampu bertahan lama. Namun jika furniture yang ingin Anda beli hanya akan digunakan sebagai koleksi hiasan atau pajangan di rumah Anda maka Anda dapat sedikit menurunkan kriteria kondisi furniture tersebut.


mebel antik jawa tengah
mebel antik jawa tengah


5.    Jangan tertipu harga
Yang terakhir adalah masalah harga. Yang dimaksud di sini adalah agar Anda jangan mudah tergiur dengan harga yang cukup murah. Karena banyak orang yang menjual furniture antik dengan harga cukup miring, namun kualitasnya tidak terjamin, nilai antik dari furniture tersebut juga masih dipertanyakan. Perlu diingat bahwa barang-barang antik pada umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan barang biasa.

mebel antik kuno
mebel antik kuno

Demikian  5 Tips memilih Furniture & Mebel yang Antik Untuk Rumah Minimalis yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: