Tips Memilih Desain Meja Dan Kursi Kayu Untuk Ruang Tamu Dan Ruang Makan

Furniture berbahan dasar kayu adalah salah satu jenis furniture yang tidak pernah sepi peminat. Dari tahun ke tahun, furniture kayu ini semakin diminati dan terus berkembang. Beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya antara lain karena bahan kayu yang dinamis, artinya dapat dengan mudah dipadukan dengan material lain dan konsep rumah yang beragam. Tidak hanya rumah berkonsep tradisional atau klasik saja yang menggunakan furniture kayu, material ini juga mampu berserasi dengan rumah berkonsep kontemporer dan modern.

Pada artikel kali ini kita akan kembali membahas mengenai furniture berbahan kayu ini. Lebih tepatnya kita akan berbicara mengenai Tips Memilih Desain Meja Dan Kursi Kayu Untuk Ruang Tamu Dan Ruang Makan. Bagaimana tips dan trik memilih desain furniture kayu yang cocok untuk ruang tamu dan ruang makan dengan berbagai konsep akan coba kita bahas di sini. Tanpa berlama-lama berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba terapkan di rumah masing-masing :


kursi kayu bulat
kursi kayu bulat

Tips Memilih Desain Meja Dan Kursi Kayu Untuk RUANG TAMU

1.    Menyesuaikan Ukuran Furniture Kayu
Tips pertama ketika ingin memilih desain meja dan kursi kayu untuk ruang tamu Anda adalah menyesuaikan ukuran furniture kayu Anda dengan luas ruang tamu. Masalah ukuran ini memang selalu menjadi pertimbangan pada pemilihan furniture untuk ruang apapun, tak terkecuali ruang tamu. Jika ruang tamu Anda cukup luas, maka akan cukup mudah untuk memilih desain yang beragam. Namun jika ruang tamu Anda tak terlalu besar, sebaiknya pilih desain meja dan kursi kayu minimalis. Atau Anda dapat mengakalinya dengan tetap memilih desain furniture yang cukup besar namun dengan kuantitas yang lebih sedikit.

model kursi kayu sederhana
model kursi kayu sederhana

2. Mengenali Jenis Kayu
Tips kedua sebelum Anda memutuskan memilih desain furniture Anda adalah Anda harus mengenali dulu jenis kayu yang akan Anda gunakan. Mulai dari kelebihan dan kelemahannya, hingga masalah harga juga harus Anda pertimbangkan.

kursi kayu sudut
kursi kayu sudut

3. Menyesuaikan Desain Furniture
Tips ketiga adalah Anda harus menyesuaikan desain meja dan kursi kayu Anda dengan konsep yang Anda usung pada ruang tamu Anda. Kesesuaian konsep furniture dengan konsep ruang tamu ini merupakan salah satu faktor kunci kenyamanan para tamu Anda. Berikut beberapa desain meja dan kursi kayu untuk ruang tamu yang dapat Anda pertimbangkan :

model kursi kayu modern
model kursi kayu modern

a.    Meja dan kursi kayu jati kuno
Desain pertama yang patut Anda pertimbangkan adalah furniture berbahan kayu jati kuno. Kayu jati kuno ini mulai banyak diminati karena faktor antik yang dihadirkannya. Memberikan suasana yang berbeda pada ruang tamu Anda. Kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi.

kursi kayu harga
kursi kayu harga

b.    Meja dan kursi kayu minimalis
Desain meja dan kursi kayu bergaya minimalis ini akan sangat cocok dengan ruang tamu yang bergaya minimalis pula. Desain ini akan menjadikan ruang tamu Anda tetap nyaman meskipun bernuansa sederhana.

kursi kayu minimalis modern
kursi kayu minimalis modern

c.    Meja dan kursi kayu modern
Desain ketiga ini memadukan material kayu dengan material yang bernuansa modern. Biasanya material kayu akan digunakan untuk meja dan kerangka kursi. Sementara itu akan ditambahkan sentuhan modern berupa bantalan seperti sofa pada rangka kursi kayu.

kursi kayu panjang
kursi kayu panjang

Tips Memilih Desain Meja Dan Kursi Kayu Untuk RUANG MAKAN


Untuk meja dan kursi kayu ruang makan Anda, kami berikan beberapa rekomendasi desain yang mungkin dapat Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1.    Desain sederhana
Desain pertama yang kami rekomendasikan adalah meja dan kursi kayu berdesain sederhana. Biasanya hanya terdiri dari sebuah meja berbentuk segi empat (persegi atau persegi panjang sesuaikan dengan luas ruangan) kemudian dikelilingi dengan kursi kayu. Desain sederhana ini akan membuat ruang makan Anda terlihat elegan dan tetap terasa nyaman.

2.    Kombinasi kayu dan marmer
Desain berikutnya adalah memadukan antara bahan kayu dengan material marmer. Pada furniture kursi didesain dengan kayu seperti biasa. Namun untuk meja makannya, kayu akan digunakan sebagai kerangka kemudian material marmer akan digunakan sebagai bahan permukaan meja. Kelebihan desain ini adalah menghadirkan sentuhan modern pada ruang makan Anda karena terdapat material marmer. Namun kekurangannya adalah dari segi harganya yang pasti akan lebih mahal dibandingkan desain kayu biasa.

3.    Kombinasi kayu dan kaca
Desain ketiga yang patut Anda coba adalah dengan menggabungkan material kayu dengan material kaca. Kurang lebih sama seperti desain marmer di atas, hanya saja menggunakan material kaca pada permukaan mejanya. Kelebihan desain ini yang pertama adalah Anda tetap dapat mendapatkan nilai keindahan furniture kayu jika menggunakan kaca bening untuk permukaan meja. Kedua, bahan kaca ini cukup kuat dan mudah dibersihkan. Ketiga, kesan modern juga akan hadir pada ruang makan Anda. Namun kelemahannya material kaca ini gampang-gampang susah dipadukan dengan beberapa konsep ruangan seperti konsep tradisional atau klasik karena nuansa material kaca sangatlah modern.


model kursi kayu unik
model kursi kayu unik

Demikian kupas tuntas mengenai Tips Memilih Desain Meja Dan Kursi Kayu Untuk Ruang Tamu Dan Ruang Makan pada artikel kali ini. Masih banyak tips-tips menarik lainnya yang akan kami bagikan kepada Anda. Terus kunjungi situs kami agar tak ketinggalan tips penuh manfaat lainnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: