3 Tips Mengatur Tata Letak Furnitur Ruang Tamu Ideal Untuk Rumah Minimalis

Di setiap rumah hampir pasti selalu terdapat ruang tamu. Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang memiliki peran cukup penting dalam sebuah rumah. Di ruang tamu ini lah setiap orang yang berkunjung ke rumah kita menikmati suasana rumah kita untuk pertama kali. Dan pada ruangan ini pula kebanyakan orang melakukan penilaian pertama mereka terhadap rumah kita. Atau dengan kata lain, pengunjung akan merefleksikan ruang tamu sebagai cerminan dari keseluruhan rumah kita. Kesan pertama tentu saja bukan sesuatu yang boleh diremehkan. Jika kesan pertama yang kita tunjukkan baik maka kesan selanjutnya pun akan mengikuti. Sebaliknya jika pada kesan pertama sudah tidak terasa nyaman maka orang bisa jadi akan enggan untuk berlama-lama di rumah kita. Di sinilah ruang tamu memainkan peran pentingnya.


ruang tamu sederhana
ruang tamu sederhana


    Karena sedemikian vitalnya fungsi dari ruang tamu ini maka kita tak boleh sembarangan dalam hal penataannya. Ruang tamu di rumah kita harus ditata sedemikian rupa, seindah dan senyaman mungkin. Dengan demikian maka tamu kita akan merasa betah untuk tinggal dan merasa nyaman ketika berkunjung ke rumah kita. Namun bagi beberapa orang mungkin masalah penataan ruang tamu ini sedikit menjadi masalah. Masalah yang muncul biasanya mengenai bagaimana langkah-langkah yang tepat agar ruang tamu kita dapat tertata dengan ideal. Anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut karena pada artikel Tips Tata Ruang Tamu Ideal ini kami akan memberikan beberapa tips menarik mengenai bagaimana cara membuat atau menata ruang tamu Anda agar menjadi ruang tamu yang ideal. Berikut adalah beberapa Tips Tata Ruang Tamu Ideal yang dapat Anda terapkan di rumah Anda :


cara menata ruang tamu yang sempit
cara menata ruang tamu yang sempit

1.    Konsep ruang tamu

Tips yang pertama adalah Anda harus menentukan konsep yang tepat untuk ruang tamu Anda. Langkah ini adalah langkah awal yang akan menentukan step selanjutnya dalam proses penataan ruang tamu ideal Anda. Dengan menentukan konsep ruang tamu yang ideal bagi Anda maka selanjutnya Anda akan lebih mudah untuk memilih furniture dan hiasan seperti apa yang akan Anda tempatkan di ruang tamu Anda. Sebaiknya pilihlah konsep yang paling nyaman dan mudah diterima oleh banyak orang. Sehingga Anda tak perlu khawatir tamu Anda tak menyukai suasana ruang tamu Anda.

desain ruang tamu kecil
desain ruang tamu kecil




2.    Furniture dan dekorasi interior

Tips yang kedua adalah Anda harus memilih furniture yang tepat dan sesuai dengan konsep ruang tamu Anda. Pemilihan furniture yang tepat serta dekorasi yang sesuai konsep akan menambah suasana nyaman pada ruang tamu Anda. Sebaiknya Anda memilih furniture dengan bahan yang paling nyaman. Penataan furniture juga harus disesuaikan dengan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu Anda tidak terlalu besar sebaiknya posisi furniture simetris dapat menjadi pilihan tepat karena akan terkesan rapi dan lebih lega. Dekorasi ruang tamu juga tidak boleh terlalu berlebihan karena justru akan terkesan mengganggu. Berikan saja beberapa aksesori tambahan seperti lukisan, keramik, serta benda-benda aksesori simpel lainnya yang tidak terlalu memakan tempat dan merusak pandangan. Intinya adalah jangan sampai hiasan yang kita tempatkan di ruang tamu mengganggu kenyamanan tamu. 


ruang tamu minimalis type 36
ruang tamu minimalis type 36

Pemilihan warna cat juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan pada ruang tamu kita. Sebaiknya pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok atau warna netral dan memberikan kesan nyaman seperti warna putih atau krem. Tentu saja pemilihan warna cat ini juga harus tetap sesuai dengan konsep ruang tamu yang telah Anda tetapkan sebelumnya. 


dekorasi ruang tamu sederhana
dekorasi ruang tamu sederhana




3.    Pencahayaan

Tips berikutnya yang tidak kalah pentingnya dalam menciptakan tata ruang tamu yang ideal bagi rumah Anda adalah masalah pencahayaan. Masalah pencahayaan ini mungkin adalah hal yang terlihat sepele. Akan tetapi kita tetap tidak bisa meremehkan persoalan yang satu ini. Pencahayaan yang tepat juga akan mempengaruhi kenyamanan yang dirasakan oleh tamu Anda. Ruang tamu tidak boleh terlalu gelap namun juga tidak boleh terlalu terang. Pilihlah media (lampu) penerangan yang sesuai. Jika terlalu gelap maka ruang tamu Anda akan terasa lebih pengap dan tidak nyaman. Namun jika terlalu terang juga akan menyilaukan dan malah akan mengganggu penglihatan. Aturlah intensitas pencahayaan yang sesuai dengan konsep ruang tamu Anda.

 

Penataan pencahayaan ini juga dapat memanfaatkan lingkungan sekitar. Misal Anda dapat mendesain ruang tamu Anda berdekatan dengan jendela atau pintu kaca yang langsung mengarah pada taman di luar ruangan. Otomatis ruang tamu akan medapat pencahayaan dari luar dan akan menjadi semakin sejuk karena pangunjung rumah Anda dapat melihat pemandangan di luar ruangan. Selain itu para tamu juga dapat merasakan udara segar yang langsung masuk dari luar ruangan. Hal ini akan menambah nilai plus dan menaikkan tingkat kenyamanan ruang tamu Anda.


desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3
desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3

Demikian 3 Tips Mengatur Tata Letak Furnitur Ruang Tamu Ideal Untuk Rumah Minimalis  yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Tips-tips penataan ruang tamu di atas dapat Anda terapkan dan Anda sesuaikan dengan keinginan Anda masing-masing sehingga Anda dapat memperoleh kepuasan serta kenyamanan maksimal pada ruang tamu Anda. Dapatkan tips-tips menarik lainnya dengan terus mengunjungi situs kami. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: