5 Tips Memilih Furniture Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Rumah Minimalis

Sofa merupakan salah satu furniture atau perabot yang hampir selalu ada dalam setiap rumah. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, sofa juga dapat dialihfungsikan sebagai tempat untuk sekedar tidur-tiduran. Selain itu, tak sedikit juga yang memanfaatkan sofa sebagai furniture untuk memperindah interior ruangan.


sofa minimalis terbaru 2016
sofa minimalis terbaru 2016

Dengan pemilihan sofa yang tepat dan sesuai dengan desain interior rumah maka ruangan akan menjadi lebih cantik dan memaksimalkan kenyamanan yang didapatkan oleh pemilik rumah maupun tamunya. Bagi Anda yang sedang mengalami kebingungan dan membutuhkan referensi memilih sofa yang tepat untuk ruangan Anda, tidak ada salahnya jika Anda menyimak artikel Tips Memilih Sofa ini hingga selesai. Pada artikel ini akan kami berikan beberapa tips yang mungkin akan sangat berguna bagi Anda. Berikut beberapa tips memilih sofa yang dapat Anda ikuti :

1.    Ukuran sofa

Hal pertama yang harus menjadi perhatian Anda ketika akan membeli sebuah set sofa adalah ukuran sofa itu sendiri. Ukuran sofa ini haruslah sesuai dengan ruangan yang ada. Ukuran sofa yang pas dengan ruangan akan membuat ruangan itu terlihat lebih rapi. Bandingkan jika sofa yang Anda pilih berukuran terlalu kecil maka ruangan terlihat terlalu kosong dan mengurangi kenyamanan pemakai. Sebaliknya jika ukuran sofa terlalu besar maka ruangan akan terkesan sempit. Dengan memilih ukuran sofa yang tepat sesuai ukuran ruangan maka penataan perabot lain juga akan menjadi lebih mudah. Tidak ada space yang kurang maupun berlebihan. Tata letak yang strategis juga akan menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda pertimbangkan dalam penempatan sofa di ruangan Anda.

2.    Sesuaikan dengan konsep ruangan

Hal penting kedua yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan sofa yang tepat adalah kesesuaian sofa dengan desain interior ruangan. Kesesuaian sofa dengan desain interior ruangan ini dapat dipandang dari beberapa aspek seperti warna, bentuk, desain nuansa sofa, motif sofa dan lain-lain.


harga sofa murah dibawah 1 juta
harga sofa murah dibawah 1 juta

Warna sofa haruslah matching dengan warna desain interior ruangan Anda. Jangan sampai bertabrakan atau terdapat ketidakasesuaian kontras warna. Hal ini akan mengurangi kenyamanan ruangan. Keindahan interior ruangan juga akan sedikit terganggu. Jika ruangan Anda memiliki konsep tertentu semisal desain klasik atau modern maka sofa yang Anda pilih juga harus memiliki konsep yang sesuai. Motif dan bentuk sofa juga cukup berpengaruh terhadap hasil dan kenyamanan yang Anda dapatkan.

3.    Fungsi dan kebutuhan

Selanjutnya adalah Anda harus mengetahui secara pasti fungsi dari sofa yang ingin Anda beli. Apakah sofa tersebut diperuntukkan bagi keluarga Anda sendiri atau berada di ruang tamu sebagai tempat duduk tamu. Apakah sofa tersebut akan ditempatkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Dengan begitu Anda akan mampu menentukan bentuk dan bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan serta seperti apa nantinya sofa tersebut akan Anda fungsikan. Memiliki furniture yang tepat fungsi akan membuat pemilik rumah maupun tamu menjadi nyaman dan betah berlama-lama menggunakannya. Hal ini juga akan mencegah Anda terlalu sering berganti sofa baru.


harga sofa minimalis untuk ruang tamu kecil
harga sofa minimalis untuk ruang tamu kecil

4.    Kualitas sofa

Hal penting berikutnya adalah mengenai kualitas dari sofa yang ingin Anda beli. Yang dimaksud dengan kualitas di sini meliputi beberapa aspek seperti kerangka sofa, bahan tekstilnya, juga bantalan sofa dan sebagainya. Kerangka sofa yang kokoh akan mampu menambah umur sofa itu sendiri. Jika kerangka yang dipilih sudah sesuai maka tinggal dipadukan dengan bantalan serta bahan tekstil sofa tersebut.


katalog produk sofa ruang tamu
katalog produk sofa ruang tamu

Pilihlah bahan bantalan sofa yang berkualitas, tidak cepat rusak atau mudah gepeng jika tertimpa beban yang cukup berat. Kemudian hal terakhir Anda tinggal memilih bahan tekstil sofa Anda. Anda dapat menyesuaikan bahan ini dengan kebutuhan Anda. Misal jika sofa Anda difungsikan sebagai tempat duduk tamu maka Anda sebaiknya memilih bahan yang lebih halus dan nyaman. Sementara jika sofa yang Anda inginkan diperuntukkan sebagai ruang santai keluarga, alangkah baiknya jika memilih bahan tekstil yang lebih mudah dibersihkan atau tidak mudah kotor. Pemilihan warna juga akan cukup berpengaruh dalam hal ini.


sofa minimalis harga dibawah 2 juta
sofa minimalis harga dibawah 2 juta

5.    Harga

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih sofa adalah dengan menyesuaikan harga sofa dengan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda menginginkan kualitas serta hasil dan kenyamanan yang maksimal maka Anda harus bersiap untuk mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Namun jika anggaran yang Anda miliki terbatas, Anda cukup menyesuaikannya pada kebutuhan serta fungsi utama sofa yang Anda inginkan. Karena bagaimanapun juga kebutuhan harus lebih diprioritaskan dibanding dengan keinginan.


harga sofa minimalis 2016
harga sofa minimalis 2016


Demikian beberapa Tips Memilih Sofa yang dapat kami berikan kepada Anda dalam artikel Tips Memilih Sofa kali ini. Anda dapat menerapkan tips-tips di atas sebelum memutuskan untuk membeli sofa yang Anda butuhkan. Semoga Tips Memilih Sofa di atas dapat bermanfaat dan menjadi bahan referensi bagi Anda sebelum memutuskan untuk membeli sofa yang tepat. Anda dapat memperoleh tips-tips bermanfaat lainnya dengan terus mengunjungi situs kami. Tentu saja tips-tips yang berkaitan dengan furniture dan interior rumah. Sampai jumpa pada artikel-artikel menarik lainnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: