5 Tips Memilih Kamar Tidur untuk Rumah Minimalis

Kamar tidur adalah ruangan utama untuk kita beristirahat setiap harinya. Di ruangan inilah kita melepas penat setelah seharian melakukan aktivitas. Karena fungsi utamanya adalah untuk beristirahat maka faktor kenyamanan akan menjadi prioritas dalam penataan ruangan ini. Namun bagaimana jika ruang tidur yang kita miliki berukuran tidak terlalu besar? Tentu kita akan memerlukan trik-trik khusus agar ruang tidur kita tetap terasa nyaman dan tidak terkesan sempit.


model tempat tidur minimalis
model tempat tidur minimalis



Satu komponen yang paling menentukan nyaman atau tidaknya sebuah ruang tidur adalah tempat tidur itu sendiri. Karena tempat tidur ini adalah furniture utama yang wajib ada dalam sebuah ruang tidur. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai masalah yang berkaitan dengan tempat tidur tersebut. Yaitu mengenai bagaimana memilih tempat tidur yang sesuai untuk ruangan yang kecil. Ruangan yang berukuran tidak terlalu besar memang selalu membutuhkan trik khusus dalam proses penataannya, tak terkecuali ruang tidur. Ukuran tempat tidur yang salah hanya akan membuat tingkat kenyamanan ruang tidur kita menjadi berkurang. Tidak usah berlama-lama, langsung saja kita simak berikut adalah 5 Tips Memilih Kamar Tidur untuk Rumah Minimalis yang dapat Anda terapkan di rumah masing-masing :

dekorasi kamar tidur minimalis
dekorasi kamar tidur minimalis

1.    Ukuran tempat tidur
Hal pertama yang sudah pasti harus diperhatikan adalah mengenai ukuran tempat tidur. Anda harus menyesuaikan ukuran tempat tidur ini dengan ukuran ruang tidur Anda. Jangan terlalu besar, tetapi juga jangan terlalu kecil. Jika terlalu besar maka akan menghabiskan tempat dan tidak mampu menampung perabotan lain. Demikian juga jika terlalu kecil maka akan mengurangi kenyamanan Anda dalam beristirahat. Belilah tempat tidur yang sekiranya tidak terlalu memakan tempat dan masih dapat dipadukan dengan perabot lain dalam ruang tidur Anda.

interior kamar tidur minimalis
interior kamar tidur minimalis

2.    Sesuaikan dengan kebutuhan
Yang kedua adalah Anda harus menyesuaikan ukuran tempat tidur Anda sesuai dengan jumlah pengguna tempat tidur. Jika kebutuhan tempat tidur tersebut hanya untuk satu orang, maka alangkah baiknya jika Anda membeli tempat tidur dengan ukuran sigle/tunggal. Hal ini untuk menghemat penggunaan tempat agar tidak terlalu penuh hanya karena sebuah tempat tidur.
Jika Anda membutuhkan tempat tidur untuk dua orang, maka mau tidak mau Anda harus membeli tempat tidur yang cukup untuk menampung dua orang. Namun usahakan ukurannya juga tidak terlalu besar. Atau jika memungkinkan Anda dapat mencari tempat tidur yang dapat dilipat jika tidak digunakan. Bisa juga mendesain sendiri tempat tidur Anda namun kemungkinan akan ada biaya tambahan yang ditetapkan oleh pembuatnya.

desain kamar tidur sempit
desain kamar tidur sempit

3.    Bentuk tempat tidur
Selanjutnya adalah mengenai bentuk dari tempat tidur. Sebisa mungkin hindari untuk menggunakan tempat tidur dengan bentuk yang terlalu berlebihan, misal terlalu banyak hiasan pada tempat tidur tersebut. Sebisa mungkin pilihlah tempat tidur dengan desain yang lebih simpel. Desain yang sederhana akan membuat ruangan terkesan rapi dan tidak terlalu penuh.
Kemudian jika Anda menginginkan tempat tidur yang muat untuk dua orang anak Anda, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan tempat tidur tingkat. Dengan cara demikian maka setidaknya Anda dapat menekan space yang terpakai untuk tempat tidur dan dapat menambahkan perabot yang lainnya. Ada juga tempat tidur yang posisinya cenderung tinggi sekitar 1 sampai 2 meter dan biasanya menempel pada dinding sehingga Anda dapat menempatkan meja dan kursi di bawah tempat tidur tersebut.

4.    Tempat tidur multifungsi
Trik selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah dengan menggunakan tempat tidur multifungsi. Tempat tidur multifungsi di sini banyak sekali ragamnya. Misal tempat tidur yang dapat dilipat seperti yang telah disinggung di atas. Sekarang sudah banyak desain tempat tidur yang dapat dilipat ke dinding ketika tidak sedang digunakan. Sehingga Anda dapat menggunakan space tempat tidur tersebut untuk kegiatan lain. Kemudian tempat tidur yang berbentuk agak tinggi sehingga kolong tempat tidur dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang lain seperti kasur tambahan, kursi, atau mungkin didesain sebagai lemari atau rak penyimpanan. Tempat tidur yang berbentuk tinggi juga akan memberikan kesan ruangan tetap luas.

desain kamar tidur sederhana
desain kamar tidur sederhana

Ada juga tempat tidur yang berbentuk seperti sofa panjang sehingga dapat difungsikan sebagai tempat duduk. Sehingga Anda dapat mengurangi penambahan perabot kursi pada ruang tidur Anda. Semakin sedikit furniture yang ada di ruang tidur Anda akan membuat ruang tidur Anda tetap terasa lega walaupun berukuran tidak terlalu besar.

desain kamar tidur minimalis
desain kamar tidur minimalis

5.    Posisi tempat tidur
Yang terakhir adalah tips mengenai penempatan posisi tempat tidur. Dikarenakan ukuran ruang tidur Anda yang tidak terlalu besar maka Anda tidak bisa sembarangan memposisikan tempat tidur Anda. Hindari menempatkan tempat tidur di tengah ruangan. Hal ini akan membuat ruangan terlihat penuh hanya karena tempat tidur. Sebaiknya menempatkan tempat tidur di pojok ruangan atau menempel pada dinding. Selain memperluas ruangan, cara seperti ini juga mempermudah Anda untuk mengatur posisi furniture lainnya di dalam ruang tidur Anda.

warna cat kamar tidur sempit
warna cat kamar tidur sempit

Demikian beberapa 5 Tips Memilih Kamar Tidur untuk Rumah Minimalis yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat Anda terapkan di rumah masing-masing. Sampai jumpa pada tips menarik lainnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: