5 Tips Memadukan Furniture Berwarna Cerah Di Ruangan Rumah

Pada era modern saat ini, banyak orang yang mulai berani untuk bermain dengan warna dalam rumah mereka. Namun kita tidak boleh asal dalam memadukan warna dalam rumah kita. Kita harus mengetahui paduan warna yang serasi, tidak bertabrakan, atau memiliki kontras yang akan mengganggu pemandangan. Jika perpaduan warna yang kita gunakan tidak tepat maka bukan suasana keceriaan yang kita dapatkan tetapi malah memberikan kesan ruangan kita menjadi berantakan dan tidak beraturan.


Furniture berbagai warna memang mulai diminati saat ini. Pada umumnya tujuan orang menggunakan furniture berwarna cerah adalah untuk memberikan sentuhan berbeda pada interior ruangan mereka. Membuat suasana ruangan menjadi tidak terkesan monoton dengan hanya satu atau dua warna saja. Boleh saja jika menginginkan hal yang demikian, akan tetapi alangkah baiknya jika Anda memahami trik Memadukan Furniture Berwarna Cerah Di Ruangan Rumah terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita simak tips Memadukan Furniture Berwarna Cerah Di Ruangan Rumah berikut ini :



1.    Tips pertama untuk Anda adalah pahami terlebih dahulu nuansa yang ditimbulkan oleh masing-masing warna. Setiap warna memang memiliki ciri khas dan nuansa berbeda dengan warna lainnya. Dengan mengetahui nuansa yang dihadirkan oleh warna-warna ini maka Anda akan lebih mudah untuk menempatkan furniture berwarna tertentu untuk ruangan tertentu pula. Berikut adalah hasil penelitian untuk beberapa warna :
  • Warna ini dapat memberikan efek tenang dan mampu meningkatkan produktivitas. Sehingga Anda dapat menempatkan furniture berwarna biru ini pada ruang kerja atau kamar tidur Anda. Namun hindari untuk menggunakan furniture berwarna biru pada ruang makan Anda karena warna biru dinilai dapat mengurangi selera makan.
  • Warna ini akan memberikan kesan semangat dan membangkitkan nafsu makan. Furniture dengan warna merah cocok ditempatkan pada ruang makan Anda. Namun hindari menggunakan furniture berwarna merah pada ruang tidur Anda, jika terlalu banyak furniture berwarna merah akan membuat kamar tidur Anda terkesan panas dan tidak nyaman.
  • Warna hijau dinilai dapat memberikan efek ketenangan dan kesegaran jika dipandang. Oleh karena itu furniture berwarna hijau akan cocok ditempatkan pada ruang membaca atau ruang tamu di rumah Anda.
  • Warna kuning ini adalah warna yang terkesan sangat mencolok. Sebaiknya Anda hindari menggunakan furniture berwarna kuning ini terlalu banyak. Lebih aman jika Anda hanya menggunakan warna kuning ini sebagai warna tambahan dan bukan warna utama pada furniture Anda. Namun jika Anda memang seorang yang menggemari warna kuning ini, tips yang bisa Anda terapkan adalah agar memilih jenis warna kuning yang lebih kalem atau tidak terlalu mencolok. Atau Anda dapat memadukan furniture berwarna kuning ini dengan furniture lain atau dinding yang berwarna lebih gelap seperti abu-abu, hitam, coklat gelap. Alasannya adalah karena warna kuning bersifat memantulkan cahaya sehingga akan lebih balance jika dipadukan dengan warna-warna yang menyerap cahaya.
  • Warna ini dapat memberikan kesan mewah dan menenangkan. Hindari menggunakan furniture berwarna ungu pada ruang makan Anda karena induk warna ungu adalah warna biru. Ruangan yang cocok menggunakan furniture berwarna ungu ini misalnya ruang baca atau kamar tidur.
  • Warna cerah yang terakhir adalah orange. Warna ini akan memberikan kesan segar sehingga Anda dapat menempatkan furniture berwarna orange pada ruang tamu atau ruang makan Anda.


 


2.    Tips kedua yang dapat Anda terapkan adalah dengan memadukan furniture berwarna cerah dengan furniture lainnya yang memiliki warna senada. Dengan menggunakan paduan warna senada maka akan memberikan kesan ruangan Anda memiliki konsep yang kuat. Terutama dalam hal pemilihan warna. Perpaduan warna senada juga dapat menghindarkan Anda dari kesalahan memadukan warna cerah lainnya.


3.    Tips selanjutnya adalah bermain dengan pola. Untuk memadukan warna-warna cerah pada furniture di ruangan Anda, Anda dapat memanfaatkan pola atau gambar yang terdapat pada furniture Anda. Anda tidak harus menggunakan furniture polos dengan warna tertentu. Sebaliknya gunakanlah furniture berpola dan warna tertentu untuk memberikan aksen warna cerah pada ruangan Anda.


4.    Tips keempat yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memadukan furniture berwarna cerah pada ruangan Anda adalah jangan sampai melupakan konsep ruangan itu sendiri. Sebagus apapun furniture berwarna cerah yang Anda miliki jika tidak sesuai atau matching dengan konsep ruangan maka hasilnya akan sia-sia. Hal tersebut hanya akan merusak konsep ruangan yang sudah Anda rancang sebelumnya. Sebisa mungkin sesuaikan warna furniture dengan konsep ruangan Anda.



5.    Tips terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan memanfaatkan hiasan atau aksesori dengan warna yang senada dengan furniture Anda. Hal ini akan memperkuat konsep warna dalam ruangan Anda.


 
 



Demikian beberapa tips Memadukan Furniture Berwarna Cerah Di Ruangan Rumah yang dapat kami bagikan kepada Anda pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi solusi untuk masalah Anda. Sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: