10 Tips Ampuh Merancang Kitchen Set Minimalis untuk Rumah Minimalis

Rumah yang bergaya minimalis tentu akan selalu identik dengan ruangan dan furniture bergaya minimalis pula. Hal ini juga berlaku untuk desain interior pada bagian dapur. Dapur mungkin merupakan ruangan yang paling berbeda dengan ruangan lain dalam hal penataan dan desain interior. Terdapat banyak furniture dan benda-benda tidak biasa yang terdapat pada dapur ini. Oleh karena itulah penataan dapur ini terbilang gampang-gampang susah. Terlebih jika dapur yang Anda inginkan bergaya minimalis.

Untuk ruangan dapur yang bergaya minimalis, biasanya orang akan memilih untuk membeli sebuah kitchen set. Tentu saja kitchen set ini juga yang berukuran minimalis. Nah, bagi Anda yang memang sedang membutuhkan referensi sebagai bahan persiapan memilih sebuah kitchen set minimalis, sangat kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa Tips Jitu Merancang Kitchen Set Minimalis yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum membeli sebuah kitchen set minimalis. Tanpa perlu berlama-lama, berikut beberapa Tips Ampuh Merancang Kitchen Set Minimalis.

Tips Merancang Kitchen Set Minimalis

1.    Urutan posisi memasak

Tips pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kitchen set minimalis adalah tentang urutan posisi memasak. Sebaiknya Anda mulai membuat rancangan bagaimana urutan tata letak aktivitas yang akan Anda lakukan di dapur nanti. Urutan posisi memasak ini cukup penting karena nantinya akan sangat mempengaruhi desain kitchen set minimalis Anda. Usahakan agar urutan yang Anda buat benar-benar teratur sehingga nantinya Anda akan merasa nyaman ketika melakukan aktivitas di dapur. Segala kegiatan memasak Anda dapat dilakukan dengan teratur dan tidak berantakan.

bahan kitchen set murah
bahan kitchen set murah


2.    Sesuaikan ukuran


Tips kedua adalah dengan menyesuaikan ukuran kitchen set dengan ruangan yang tersedia. Peralatan memasak serta furniture kitchen set yang akan Anda beli haruslah dapat memberikan space yang tepat untuk aktivitas memasak Anda. Jangan terlalu sempit dan jangan pula terlalu besar karena hal itu akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam beraktivitas di dapur. Hal ini juga menjadi salah satu faktor dalam keamanan dan keselamatan kerja Anda.

ukuran kitchen set minimalis
ukuran kitchen set minimalis



3.    Pilih material yang tepat

Tips selanjutnya adalah untuk memperhatikan pemilihan material yang tepat untuk kitchen set Anda. Ada banyak material kitchen set yang tersedia saat ini, mulai dari yang berbahan kayu, aluminium, hingga keramik. Setiap material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat mengkonsultasikan kepada para ahli dan menyesuaikannya dengan konsep rumah Anda masing-masing.

ukuran kitchen set standar
ukuran kitchen set standar



4.    Perhatikan lantai dapur Anda

Poin keempat ini sedikit berhubungan dengan poin ketiga di atas. Ketika memilih material kitchen set, Anda juga harus mempertimbangkan material lantai dapur Anda. Kitchen set dengan material berbeda akan memiliki berat yang berbeda pula. Pastikan lantai dapur Anda kuat menopang material kitchen set yang Anda pilih. Ketahanan terhadap panas dan cairan juga perlu Anda pertimbangkan sebelumnya.

kitchen set minimalis modern 2017
kitchen set minimalis modern 2017



5.    Tentukan jumlah laci


Pada sebuah kitchen set pasti terdapat banyak laci untuk menyimpan peralatan dan bahan-bahan masakan. Sebaiknya Anda mulai menghitung berapa jumlah laci yang Anda butuhkan sehingga nantinya tidak kurang atau tidak terpakai karena jumlahnya yang berlebihan.

model kitchen set aluminium
model kitchen set aluminium


6.    Tentukan perlengkapan dapur

Selanjutnya Anda juga perlu membuat daftar perlengkapan dapur apa saja yang memang benar-benar dibutuhkan. Perlu diingat bahwa kitchen set Anda berukuran minimalis. Oleh karena itu Anda perlu menentukan perlengkapan apa saja yang akan Anda tempatkan di dalamnya. Hindari untuk menempatkan peralatan yang tidak terlalu penting.

harga kitchen set aluminium
harga kitchen set aluminium



7.    Perhatikan pencahayaan

Faktor pencahayaan adalah aspek yang juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Kegiatan memasak tentu sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup. Pilihlah komponen penerangan yang sesuai dan dapat memaksimalkan hasil kegiatan memasak yang Anda lakukan.

bahan membuat kitchen set sendiri
bahan membuat kitchen set sendiri



8.    Masalah ventilasi

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan penggunaan ventilasi udara pada kitchen set Anda. Usahakan agar bau atau asap yang berasal dari dapur Anda tidak masuk dan memenuhi ruangan lain di rumah Anda. Hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan anggota keluarga Anda. Anda dapat mengakalinya dengan menempatkan peralatan masak yang dapat mengeluarkan asap seperti kompor dekat dengan ventilasi atau jendela yang lansung mengarah keluar rumah.

bahan kitchen set yang bagus
bahan kitchen set yang bagus



9.    Cooker hood

Untuk mendukung penanganan terhadap asap pada poin sebelumnya, bila perlu Anda juga dapat melengkapi kitchen set minimalis Anda dengan cooker hood. Perlengkapan dapur yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi uap panas dan asap yang dihasilkan dari proses memasak. Selain itu, furniture yang ada di dapur Anda akan menjadi lebih aman dari hawa panas dan asap yang dapat mengakibatkan kerusakan.

daftar harga kitchen set minimalis murah
daftar harga kitchen set minimalis murah



10.    Pemilihan warna

Tips terakhir yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih sebuah kitchen set minimalis adalah masalah pemilihan warna. Pilihlah warna yang tepat dan sesuaikan dengan konsep rumah Anda.

bahan kitchen set minimalis
bahan kitchen set minimalis



Demikian 10 Tips Ampuh Merancang Kitchen Set Minimalis untuk Rumah Minimalis yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga dapat menjadi sumber inspirasi yang tepat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada artikel penuh manfaat lainnya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: