Tips Penting Memilih meja Makan Minimalis untuk Rumah Minimalis

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa ruang makan merupakan ruang yang sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Di ruangan ini kita dapat membangun suasana yang hangat dan ceria bersama orang-orang terdekat kita. Oleh karena itu konsep dan penataan ruang makan ini haruslah diupayakan sebaik mungkin agar suasana intim yang diinginkan dapat terjalin dengan baik. Pemilihan funriture yang tepat juga menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kenyamanan suasana makan Anda bersama keluarga. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai salah satu furniture utama yang terdapat pada ruang makan kita yaitu meja makan.

harga meja makan minimalis 6 kursi
harga meja makan minimalis 6 kursi

Lebih spesifik lagi bahwa yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah mengenai bagaimana caranya memadukan antara bahan kayu dan kaca pada meja makan kita. Beberapa tips menarik akan kami berikan kepada Anda terkait Tips Penting Memilih meja Makan Minimalis. Namun sebelum masuk pada tips-tips tersebut, alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan dari kedua material tersebut (kayu dan kaca). Tentu saja yang berkaitan dengan penerapan kedua material tersebut sebagai bahan furniture.

meja makan minimalis 4 kursi
meja makan minimalis 4 kursi

Berikut adalah beberapa kelebihan furniture yang berbahan dasar kayu :

1.    Kelebihan furniture berbahan dasar kayu yang pertama adalah kuat. Rata-rata furniture berbahan kayu lebih awet dan mampu bertahan lama. Bahkan ada yang mampu mencapai umur pemakaian hingga puluhan tahun. Terlebih jika kayu yang Anda gunakan adalah jenis kayu berkualitas seperti kayu jati.

2.    Kelebihan kedua dari material kayu adalah mudah didesain menjadi beragam bentuk. Bagi Anda yang menyukai furniture dengan bentuk yang unik, material kayu mungkin dapat menjadi pilihan utama Anda. Karena kayu lebih mudah dibentuk sedemikian rupa dibandingkan material lainnya.

3.    Yang ketiga adalah material kayu memiliki nilai plus dibandingkan material lain dari segi keindahan atau estetika.


meja makan murah dibawah 1 juta
meja makan murah dibawah 1 juta


Meskipun memiliki beragam kelebihan, namun bukan berarti material kayu tak memiliki kelemahan. Berikut beberapa kelemahan furniture berbahan kayu :
  1. Kelemahan pertama dari furniture bermaterial kayu adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan furniture lainnya.
  2. Furniture berbahan kayu juga mudah tergores jika terkena benda-benda keras. Oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam merawat furniture kayu. Proses pembersihannya pun harus dilakukan secara rutin karena jika tidak, permukaan kayu mudah kusam dan akan mengurangi keindahannya.


Model Meja Makan Minimalis Modern Kayu Jati Dengan Sentuhan Klasik
Model Meja Makan Minimalis Modern Kayu Jati Dengan Sentuhan Klasik

Mari kita beralih pada furniture berbahan kaca, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki material kaca sebagai bahan furniture :
  1. Kelebihan material kaca yang pertama adalah mampu memberikan kesan lebih modern pada rumah Anda.
  2. Yang kedua adalah furniture berbahan kaca biasanya dapat dibeli dengan harga yang lebih murah.
  3. Kelebihan ketiga adalah lebih mudah dibersihkan dari noda sehingga untuk proses perawatannya tidak terlalu rumit.
  4. Yang keempat adalah furniture berbahan kaca lebih tahan terhadap air dan panas.


meja makan kayu jati
meja makan kayu jati

Berikut adalah Kekurangan furniture berbahan dasar Kaca :

  1. Kekurangan furniture berbahan kaca yang pertama adalah bahannya yang rentan pecah. Oleh karena itu kita perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan furniture berbahan dasar kaca.
  2. Kita perlu berhati-hati karena terkadang furniture berbahan kaca sulit dipadukan dengan konsep ruangan Anda.
  3. Kelemahan furniture berbahan kaca yang terakhir adalah jika terjadi kerusakan akan sangat sulit untuk diperbaiki.

Model Meja Makan gaya Klasik dan Vintage terbaru
Model Meja Makan gaya Klasik dan Vintage terbaru

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing material di atas, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba terapkan untuk memadukan material kayu dan kaca sebagai furniture meja di ruang makan Anda :
  • Tips yang pertama adalah untuk memanfaatkan dan menggabungkan kelebihan masing-masing material. Karena material kayu yang lebih kuat maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai kerangka meja. Kemudian Anda dapat memanfaatkan sifat material kaca yang tahan panas dan air serta mudah dibersihkan sebagai material penyusun permukaan meja.
  • Yang kedua, jika Anda tetap ingin mendapatkan nilai keindahan dari furniture meja makan Anda, Anda dapat menggunakan material kayu sebagai bahan utamanya kemudian memanfaatkan kaca transparan sebagai bahan pelapis permukaan meja. Dengan demikian Anda tidak hanya mendapat keindahan dari furniture Anda namun juga memperoleh manfaat lain dari bahan kaca yang mudah dibersihkan serta tahan terhadap panas dan cairan.
  • Tips ketiga yang dapat Anda terapkan untuk menggabungkan antara material kayu dan kaca di meja makan Anda adalah dengan bermain warna pada material kaca tersebut. Anda dapat memadukan warna-warna material kaca agar tetap serasi dengan material kayu. Tentu saja Anda juga harus memilih warna kaca yang sesuai dengan konsep ruang makan di rumah Anda.

Tips Memilih Meja Makan Murah untuk Rumah Minimalis
Tips Memilih Meja Makan Murah untuk Rumah Minimalis

Demikian beberapa tips Tips Penting Memilih meja Makan Minimalis di rumah Anda. Semoga bermanfaat dan dapat Anda aplikasikan di rumah masing-masing. Masih banyak lagi tips-tips menarik lainnya yang akan kami bagikan kepada Anda. Oleh karena itu terus kunjungi situs kami agar Anda tak ketinggalan informasi penuh manfaat lainnya. Sekian pembahasan kita kali ini, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: