4 Tips Tata Ruang Kamar Tidur Minimalis untuk Rumah Minimalis

Ruang tidur merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang memiliki nuansa paling pribadi dibandingkan dengan ruangan-ruangan lainnya. Di ruang tidur inilah biasanya seseorang beristirahat dan menikmati kehidupan pribadinya. Kenyamanan merupakan salah satu hal yang paling ingin dihadirkan dalam ruang tidur ini. Sehingga tak jarang orang menggunakan desain khusus pada ruang tidur mereka. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tips menarik terkait tata ruang tidur minimalis. Tips-tips yang akan kita bahas ini mungkin akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki ruang tidur bergaya minimalis atau sekadar ingin mendesain ruang tidur minimalis untuk anak Anda.
 Kamar Tidur Minimalis

Menata ruang tidur bergaya minimalis bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda perlu langkah-langkah yang tetap dalam proses penataannya. Jika Anda sembarangan dalam menatanya bisa jadi ruang tidur Anda akan terasa sempit da pengap. Jika sudah begini maka kenyamanan pun akan sangat sulit didapatkan. Akibatnya kualitas istirahat dan waktu pribadi Anda akan terganggu. Untuk itulah kami akan berusaha memberikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam penataan ruang tidur bergaya minimalis di rumah Anda masing-masing. Berikut adalah beberapa tips tata ruang tidur minimalis untuk Anda :

1.    Ubah persepsi

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum mendesain ruang tidur minimalis Anda adalah dengan mengubah persepsi Anda. Yang dimaksud di sini adalah Anda harus mengubah mindset bahwa ruang tidur yang sempit itu berarti buruk. Hal ini adalah pola pemikiran yang salah. Ukuran ruang tidur yang tidak terlalu luas tidak akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam beristirahat. Yang menjadi kunci adalah bagaimana Anda menata ruang tidur Anda yang minimalis itu. Agar tetap nyaman, tidak terasa sempit dan pengap.

2.    Desain interior ruangan

Mari kita mulai dari mendesain interior ruangan. Pemilihan warna pada dinding adalah faktor pertama yang akan menentukan kenyamanan dalam ruang tidur minimalis Anda. Karena ukuran ruangan yang tidak terlalu luas maka sebaiknya Anda hindari untuk menggunakan terlalu banyak warna dalam ruang tidur Anda. Jika ada terlalu banyak warna maka ruang tidur Anda akan terlihat lebih sempit.

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan satu jenis warna saja. Dan pilihlah warna-warna yang dapat memberikan efek luas pada ruang tidur minimalis Anda. Warna-warna netral seperti putih, krem, dan warna-warna kalem lainnya mungkin bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Warna-warna seperti itu akan lebih mampu menghadirkan efek nyaman dalam ruang tidur Anda. Jika Anda ingin menggunakan wallpaper, maka kami sarankan untuk menghindari menggunakan pola yang terlalu detail. Pilihlah pola-pola yang simpel namun tetap elegan sehingga ruang tidur Anda tetap terlihat luas.

3.    Pemilihan furniture

Tips selanjutnya adalah mengenai pemilihan furniture yang tepat. Perlu diingat kembali bahwa ukuran ruang tidur Anda minimalis atau tidak terlalu luas. Oleh karena itu Anda harus memilih furniture yang tidak terlalu besar pula, namun juga jangan terlalu kecil. Hal itu malah akan mengurangi tingkat kenyamanan Anda. Intinya sesuaikan ukuran furniture dengan ukuran ruang tidur Anda.
Satu tips yang mungkin akan sangat berguna untuk Anda adalah dengan menggunakan furniture yang multifungsi. Semisal rak yang sekaligus dapat difungsikan sebagai meja. Atau tempat tidur yang dapat digunakan sebagai tempat duduk untuk mengurangi penambahan kursi pada ruang tidur Anda. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak bantal dalam ruang tidur Anda. Agar kamar Anda tidak terkesan terlalu penuh dengan barang. Semakin sedikit furniture yang Anda gunakan akan memperluas ruang tidur Anda. Hal ini berlaku juga jika Anda ingin menambahkan aksesori tambahan atau hiasan pada dinding ruang tidur Anda. Pilihlah hiasan-hiasan yang simpel namun elegan.

4.    Faktor pencahayaan

Tips terakhir dalam tata ruang tidur minimalis adalah dari segi pencahayaan. Pencahayaan yang tepat akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan nuansa yang hadir dalam ruang tidur Anda. Jika konsep ruang tidur Anda sudah dirancang sedemikian menariknya, namun pencahayaannya tidak tepat maka hal itu akan menjadi sebuah poin minus.

Untuk masalah pencahayaan sebaiknya Anda hilangkan sudut-sudut gelap di ruang tidur Anda. Hal seperti itu hanya akan membuat ruang tidur Anda menjadi terlihat lebih sempit dan pengap. Anda juga dapat memanfaatkan jendela sebagai salah satu trik dalam penataan ruang tidur minimalis Anda. Buatlah jendela yang langsung mengarah ke halaman rumah Anda. Hal ini akan menjadi sumber pencahayaan lain selain lampu. Selain itu, adanya jendela juga akan memberikan efek luas pada ruang tidur Anda. Kemudian Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain dari udara yang masuk dan membuat ruang tidur Anda menjadi lebih sejuk.
Demikian beberapa tips terkait Tata Ruang Tidur Minimalis yang dapat kami berikan dalam artikel kali ini. Semoga dapat memberi inspirasi dan membantu Anda dalam proses penataan ruang tidur minimalis Anda. Dapatkan tips-tips menarik dan terbaru lainnya mengenai dunia rumah dan furniture dengan terus mengunjungi situs kami. Sekian untuk artikel Tata Ruang Tidur Minimalis kali ini. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: