Tips Merawat dan Membersihkan Furniture dan Mebel Kayu Jati

Rumah dan furniture ibarat dua mata koin yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Dan pada beberapa artikel lainnya telah banyak kita bahas mengenai furniture-furniture tersebut. Mulai dari tips memilih furniture untuk berbagai ruangan yang berbeda, tips memadukan meterial berbeda dalam sebuah furniture, hingga pemilihan warna dan konsep yang sesuai dengan ruangan itu sendiri. 

mebel jati jakarta
mebel jati jakarta


Apapun furniture yang kita pilih sudah pasti memerlukan perawatan yang baik. Karena usia sebuah furniture sangat bergantung pada proses perawatannya. Proses perawatan furniture inilah yang akan menjadi topik pembicaraan kita pada artikel kali ini. Lebih spesifiknya kita akan berbicara mengenai Tips Perawatan Furniture Kayu Jati.

katalog mebel jepara
katalog mebel jepara


Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik untuk bahan furniture. Selain material kayunya yang cukup kuat dan awet, nilai jual dan estetika kayu jati ini juga tetap tinggi seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu banyak orang yang memilih jenis kayu ini sebagai material perabot yang ada di rumah mereka. Bagi para pembaca yang kebetulan memiliki furniture berbahan kayu jati atau memang menggemari furniture dengan material kayu jati ini, tidak ada salahnya jika Anda membaca artikel Tips Perawatan Furniture Kayu Jati ini hingga selesai. Karena pada artike ini akan kami berikan tips-tips menarik dan bisa jadi sangat berguna untuk Anda terapkan di rumah masing-masing, tentu saja yang berkaitan dengan proses perawatan furniture kayu jati.


mebel jepara murah
mebel jepara murah

    Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah beberapa Tips Perawatan Furniture Kayu Jati untuk Anda :

  1. Tips perawatan furniture kayu jati yang pertama berkaitan dengan suhu dan kelembaban ruangan. Perlu Anda ketahui bahwa material kayu jati (dan jenis kayu lainnya) cukup sensitif terhadap suhu dan kelembaban. Misalnya saja untuk suhu panas, jika kayu terpapar panas berlebihan dan terus menerus maka kandungan minyak alami yang terdapat pada kayu lama-kelamaan akan mengering dan hilang. Akibatnya dapat membuat kayu menjadi kusam, melengkung, bahkan tidak sedikit kasus di mana furniture pecah dan retak karena terlalu kering terpapar panas. Kemudian jika suhu ruangan cukup rendah akan membuat ruangan menjadi lebih lembab. Kelembaban ini juga akan memberikan efek negatif pada furniture kayu jati. Jika furniture lembab maka jamur, rayap, serta serangga kayu akan mudah berkembang biak pada furniture dan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, penempatan furniture harus benar-benar diperhatikan. Hindari menempatkan furniture di tempat yang langsung terpapar sinar matahari atau terlalu lembab.
  2. Tips perawatan furniture kayu jati yang kedua adalah selalu perhatikan kebersihan furniture kayu jati Anda. Hal paling umum yang dapat merusak furniture kayu jati adalah debu. Debu yang menempel pada furniture kayu jika dibiarkan saja maka akan membuat permukaan kayu menjadi kusam dan kehilangan nilai keindahannya. Segeralah bersihkan debu-debu yang menempel, baik menggunakan lap, kemoceng, ataupun pembersih debu untuk hasil terbaik. Selain debu, cairan juga merupakan salah satu musuh terbesar dari furniture kayu jati. Perlu Anda ketahui bahwa permukaan kayu memiliki kemampuan untuk menyerap cairan, terlebih jika permukaan furniture kayu jati Anda tidak dilapisi dengan bahan khusus seperti vernis. Cairan yang terserap ke dalam material kayu akan membuat kayu menjadi cepat lapuk, keropos, berjamur dan meninggalkan bekas cairan. Oleh karena itu usahakan secepatnya mengeringkan furniture kayu jati Anda jika terkena cairan.
  3. Tips selanjutnya untuk perawatan furniture kayu jati Anda adalah hindarkan dari bahan-bahan yang lengket atau mudah menempel dan meninggalkan bekas. Jika terlanjur terkena bahan-bahan seperti itu segeralah bersihkan. Anda dapat menggunakan lap yang dibasahi dengan air hangat. Air hangat akan lebih mudah menguap sehingga tidak mudah terserap oleh permukaan furniture.
  4. Tips selanjutnya adalah berhati-hatilah jika ingin menempatkan benda-benda keras dan berat di atas furniture kayu jati Anda. Hal ini untuk mencegah furniture kayu jati Anda dari goresan benda-benda tersebut. Berbeda dengan penanganan pada kotoran dan cairan, goresan pada furniture Anda adalah salah satu hal yang cukup fatal. Perlu penanganan khusus untuk memperbaiki goresan yang terdapat pada furniture kayu Anda. Bahkan banyak kasus di mana goresan ini terlalu parah dan tidak dapat dihilangkan. Amat disayangkan jika furniture kayu jati Anda tergores dan tidak dapat diperbaiki seperti semula.
  5. Yang terakhir adalah melakukan perawatan rutin. Yang dimaksud perawatan rutin di sini tidak hanya dari segi kebersihan akan tetapi juga perlindungan pada material kayu jati itu sendiri. Anda dapat menyemprot pelapis kayu secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Hal ini tergantung pada kondisi furniture kayu jati Anda. Langkah tersebut bertujuan agar furniture kayu jati Anda tetap awet, kinclong, serta tetap dapat mempertahankan keindahannya untuk waktu yang lama..



mebel jati jepara minimalis
mebel jati jepara minimalis

 
daftar harga mebel jepara
daftar harga mebel jepara


furniture jati jepara asli
furniture jati jepara asli


mebel jati jepara photo
mebel jati jepara photo


Demikian beberapa Tips Perawatan Furniture Kayu Jati yang dapat kami berikan kepada para pembaca dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat Anda terapkan di rumah masing-masing. Sampai jumpa pada tips-tips dan artikel menarik lainnya. Terus kunjungi situs kami dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: