5 Tips Memilih Furniture / Mebel untuk Outdoor atau Luar Ruangan yang Tahan Lama

Pada beberapa artikel lain kita telah membahas mengenai penataan berbagai ruang di dalam rumah. Yang sudah tentu memuat aspek terkait pemilihan furniture. Furniture memang merupakan satu komponen yang hampir tak dapat dipisahkan ketika berbicara mengenai seluk-beluk rumah. Pada artikel kali ini kita juga masih akan membahas seputar furniture. Akan tetapi furniture yang akan kita bahas kali ini adalah jenis furniture yang ditempatkan di luar ruangan. Lalu apakah ada perbedaan antara furniture yang ditempatkan di dalam ruangan dengan furniture yang ditempatkan di luar ruangan?



5 Tips Memilih Furniture / Mebel untuk Outdoor atau Luar Ruangan yang Tahan Lama

    Sebenarnya terdapat banyak sekali perbedaan antara furniture indoor dan outdoor. Misal saja dari segi bahan dan metode perawatan, sudah pasti akan berbeda. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas lebih spesifik mengenai furniture kayu luar ruangan. Bagi Anda yang kebetulan menyukai jenis furniture berbahan kayu dan ingin menempatkannya di luar ruangan, tak ada salahnya jika Anda membaca artikel Furniture Kayu Luar Ruangan ini hingga selesai. Kami akan memberikan beberapa tips yang mungkin sangat berguna dan dapat Anda aplikasikan di rumah masing-masing.

    Selain logam atau metal, kayu merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar furniture. Selain bahannya yang kuat, beberapa orang juga menilai bahwa furniture berbahan kayu lebih memiliki nilai estetis dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya. Perawatannya pun tak terlalu rumit. Namun jika furniture kayu tersebut ditempatkan di luar ruangan, maka akan ada beberapa perlakuan khusus yang harus Anda terapkan. Berikut beberapa tips terkait Furniture Kayu Luar Ruangan :

1.    Jenis kayu


Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli furniture luar ruangan berbahan kayu adalah jenis kayu itu sendiri. Perlu diingat bahwa Anda akan menempatkannya di luar ruangan. Yang berarti bahwa furniture tersebut haruslah lebih tahan terhadap paparan ekstrim seperti matahari, air hujan, dan lain-lain. Pilihlah jenis kayu yang kuat dan tahan lama. Beberapa jenis kayu yang cukup sering menjadi pilihan sebagai bahan furniture luar ruangan misalnya jati, giam, balau, belangeran, dan cengal. Jenis-jenis kayu tersebut dinilai cukup kuat dan lebih awet dibandingkan jenis kayu lainnya.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat menanyakan langsung kepada penjualnya mengenai jenis dan kelebihan kayu tersebut. Anda juga dapat meminta saran jenis kayu apa yang paling baik untuk digunakan sebagai furniture luar ruangan/outdoor. Jika perlu tanyakan pula usia maksimal jenis kayu tersebut.

2.    Bahan pelapis furniture


Hal kedua yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli furniture kayu luar ruangan adalah tentang bahan pelapisnya. Plitur, cat, dan bahan-bahan pelapis lainnya juga sedikit banyak akan mempengaruhi usia furniture kayu. Mintalah pada penjual furniturenya agar menambahkan bahan pelapis yang mampu membuat kayu bertahan lebih kuat terhadap paparan panas, dingin, lembab, air, maupun goresan.

3.    Penempatan furniture


Tips selanjutnya adalah mengenai penempatan furniture kayu tersebut. Sebisa mungkin hindari untuk menempatkan furniture kayu pada lokasi yang berlumpur atau basah. Jauhkan furniture dari tempat-tempat yang mudah tergenang air. Air adalah salah satu faktor eksternal yang dapat memperpendek usia kayu atau membuat kayu cepat rusak. Jika memungkinkan sebaiknya Anda tetap menempatkan furniture kayu luar ruangan Anda di bawah atap yang dapat melindunginya dari panas dan hujan.

4.    Perawatan rutin


Selain beberapa langkah di atas, perawatan rutin terhadap furniture kayu luar ruangan juga perlu Anda lakukan. Segera bersihkan furniture kayu Anda jika terkena cairan. Jangan biarkan hingga mengering karena lama-kelamaan hal itu akan merusak furniture Anda. Anda juga dapat melapisi furniture kayu Anda dengan semir kayu secara berkala agar tampilan furniture tetap terjaga. Jika perlu Anda dapat memasukkan furniture kayu luar ruangan Anda ketika turun hujan berkepanjangan.

5.    Nilai estetika


Yang terakhir, Anda juga pasti menginginkan furniture yang mempunyai nilai estetika atau keindahan. Tidak ada salahnya jika Anda menginginkan hal yang demikian. Karena keindahan memang salah satu aspek yang hampir selalu dipertimbangkan dalam memilih furniture. Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh mengesampingkan sisi ketahanan bahan kayu. Karena bagaimana pun hal itu lebih utama dibandingkan dengan nilai estetika.

Memilih furniture luar ruangan memang tidak boleh sembarangan. Mulai dari bahan furniture hingga proses perawatan perlu mendapatkan perhatian khusus dibandingkan furniture yang ditempatkan di dalam ruangan. Perlu dimaklumi karena di luar ruangan memang jauh lebih banyak faktor yang dapat merusak furniture Anda. Terlebih jika furniture Anda terbuat dari kayu seperti yang telah kita bahas di atas. Namun tidak ada salahnya sedikit berkorban demi kepuasan yang akan Anda dapatkan. Apalagi jika Anda memang termasuk seorang yang menggemari furniture berbahan kayu.

Demikian beberapa tips terkait Furniture Kayu Luar Ruangan yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang tepat untuk Anda. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan menarik lainnya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami dan dapatkan informasi penuh manfaat selanjutnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: